rafting

Rafting Pangalengan Bandung Terbaru 2023

Sungai Palayangan Pangalengan Bandung adalah sebuah sungai yang berada di dalam kawasan objek wisata Situ Cileunca, Bandung Jawa Barat. Sungai ini menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat berada di situ Cileunca. Berjarak sekitar 45 Km atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. 


Sungai Palayangan merupakan lokasi Arung Jeram Murah Bandung yang paling Populer dan menjadi favorit wisatawan di Kawasan Bandung Selatan karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sungai-sungai yang lain.



Keunggulan Sungai Palayangan Pangalengan Bandung

Sungai Palayangan ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sungai-sungai lain yang ada di Bandung antara lain :


1. Pemandangan Indah Sepanjang Tepi Sungai

Sungai Palayangan terletak di ketinggian 1550 Mdpl yang dikelilingi oleh pegunungan dan melewati 3 kawasan wisata yang memiliki pemandangan paling terbaik di Pangalengan, yakni Danau Situ Cileunca, Kawasan Hutan Wisata Pinus Rahong dan Perkebunan Teh Malabar. 


Kondisi ini selain membuat pengarungan menjadi lebih mengesankan dan instagramable juga menjadikan Sungai Palayangan memiliki air yang Jernih dan Dingin. pengunjung juga bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan.


2. Cocok Untuk Arung Jeram

Sungai ini dapat diarungi kapan saja dan juga bebas dari Banjir dengan air yang relatif stabil. Oleh sebab itu pula sungai ini sangat cocok untuk bermain  dan menikmati arung jeram pun sepanjang tahun baik juga aman bagi  pemula ataupun anak-anak usia di atas 10 tahun. 



3. Variasi Jeram Beragam Sungai Palayangan

Sungai ini memiliki 7 jeram grade III dan 11 jeram grade II. Dengan total panjang jeram mencapai 7 kilometer. Adapun variasi jeramnya antara lain drop, double drop dan turbulence. Sumber air yang mengalir di sungai ini berasal dari aliran danau situ Cileunca. Aliran danau ini relatif stabil sepanjang tahunnya dengan debit rata-rata diantara 1 – 2,5 M3/detik. 


Jeram Drop, terbentuk karena terjadi penurunan dasar sungai seperti bentuk tangga/undak menurun pada dasar sungai tetapi tidak terlalu besar seperti air terjun kecil. Jenis ini dapat dijumpai di Jeram Domba I dan Domba II.


Jeram Double Drop, terbentuk karena arus sungai melewati atau melampaui batuan besar. Disebut double drop karena bentuk arus yang menyerupai air terjunan yang berurutan. Jenis ini dapat dijumpai di Jeram Kacapi.


Jeram Turbulence, merupakan gelombang berpusar di bawah permukaan air yang biasanya terbentuk karena kedalaman sungai yang dihiasi batuan besar atau jatuhnya air dari ketinggian sebelumnya. Jenis ini dapat dijumpai di jeram selamat datang dan jeram blender.


4. Lokasi Basecamp Tepi Danau

Selesai pengarungan yang cukup melelahkan pengunjung akan diajak untuk beristirahat, mandi atau bilas dan menyantap makan siang di basecamp tepi danau sambil melihat keindahan Danau Situ Cileunca. Jika masih ada waktu, pengunjung juga dapat mengunjungi perkebunan Arbei, Jeruk atau mengelilingi Danau dengan menggunakan Perahu Mesin ke Jembatan Cinta untuk Foto-foto.


5. Didukung Oleh Tim Rescue

Di sungai Palayangan Pangalengan Bandung, pengunjung akan merasa aman dan nyaman bermain arung jeram dan berwisata di sekitar sungai palayangan pangalengan. Hal ini dikarenakan Tim Rescue selalu sigap berjaga di titik-titik jeram dan lokasi tertentu. 

Tim Rescue darat sangat penting karena selain pertolongan menjadi lebih cepat juga dapat menjaga fokus Tim Rescue dalam penyelamatan.


Baca Juga :
Paket Rafting Seru Arung Jeram Pangalengan Baraya Adventure
Paket Landy Offroad Di Kebuh Teh dan Hutan Pinus Rahong


Harga Rafting Murah Pangalengan Bandung Sungai Palayangan


Untuk menikmati rafting di sungai ini pengunjung diharuskan membayar tiket. Harga tiket ini biasanya berbeda-beda tergantung dari fasilitator outbond dan paket yang dipilih pengunjung.

Paket termurah rafting bandung berada dikisaran harga Rp. 135.000 per orang. Harga itu sudah termasuk dengan tiket masuk objek wisata situ Cileunca, pelatihan arung jeram, instruktur dan arung jeram selama 2 jam. Selain itu pengunjung juga mendapatkan peralatan arung jeram lengkap, satu kali traditional snack , gazebo dan fasilitas pendukung lainnya.



Jika pengunjung merasa lapar setelah bermain arung jeram, tersedia paket rafting dengan 1 kali makan dan 1 snack. Paket seharga Rp. 185.000 per orang ini selain sudah termasuk tiket masuk situ Cileunca, bermain arung jeram selama 2 jam serta mendapatkan fasilitas pendukung lainnya.


Arung jeram pangalengan juga menyediakan paket lengkap Rafting Sungai Palayangan Bandung, Outbound Bandung Murah, permainan Paint ball, Flying Fox, Landy Offroad.

Paket Rafting Plus ini dikenakan biaya mulai Rp. 275.000 per orangnya. Paket ini sangat cocok bagi pengunjung yang datang dalam jumlah yang banyak. Seperti gathering kantor ataupun acara organisasi kampus. Silahkan kontak Arung Jeram Pangalengan untuk detail paket dan harga Phone dan Whatsapp  0821-2648-3100 Email : boyke.budiman8@gmail.com.


Fasilitas Sungai Palayangan Pangalengan Bandung

Fasilitas yang disediakan pun terbilang sudah lengkap. Sebagai bagian dari objek wisata situ Cileunca beragam fasilitas sudah tersedia. Parkir bersama yang cukup luas tentu akan sangat memudahkan pengunjung.


Selain itu ketersediaan toilet dan mushola semakin membuat nyaman pengunjung. Tak lupa gazebo tempat istirahat bagi yang telah lelah bermain menjadi fasilitas yang paling banyak dicari.


Jika ingin bermalam maka di sini tersedia hotel Citere yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Sungai Palayangan menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Barat. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama