Pangalengan  selama ini terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari Danau Cileunca, Pangalengan . Tapi mungkin orang-orang di luar Bandung belum tahu banyak bahwa Pangalengan juga memiliki daya tarik lain: kopi. Pecinta kopi seharusnya memiliki alasan untuk mengunjungi kota yang satu ini dikarenakan Pangalengan memiliki beragam potensi di bidang kopi yang sudah sepatutnya digali. Mau tahu tiga alasan kenapa pecinta kopi harus traveling ke Pangalengan? Berikut alasannya.
Mengunjungi Perkebunan Kopi
Diberkatilah tanah Pangalengan yang di beberapa wilayahnya menjadi lahan terbaik tempat tumbuhnya kopi dengan suburnya. Jika kamu seorang pecinta kopi, rencanakanlah single origin trip ke berbagai perkebunan kopi di Pangalengan. Daerah-daerah Gunung Tilu, Gunung Malabar dan sekitar Pangalengan, serta Cileunca menjadi tujuan menarik buat kamu yang ingin terjun langsung melihat kebun kopi. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertemu langsung petani dan ikut melakukan panen raya jika waktu kedatangan kamu pas dengan waktu panen. Perkebunan yang tersebar di Pangalengan luas dan banyak sekali. Jadi pastikan kamu tidak mengunjungi Pangalengan yang satu ini dalam waktu singkat ya.

Foto dari camedillus.wordpress.com






Menikmati Ngopi di Kedai Kopi Legendaris
Setidaknya ada dua kedai kopi legendaris yang telah berdiri lama. Kami bisa merasakan ngopi dengan suasana dan cita rasa masa lalu jauh sebelum masuknya Third Wave Era seperti sekarang. Di Pangalengan, kedai kopi legendaris tersebut bernama Kedai Kopi Apek yang berada di Pasar Hindu daerah Kesawan. Dulunya Kedai Kopi Apek bernama Kopi Mieng Hao. Di sini kamu bisa mencicipi kopi tiam khas masa lalu ditambah roti srikaya yang rasanya nikmat. Pengalaman ngopi di kedai kopi retro ini serasa masuk ke mesin waktu. Salah satu kedai kopi yang harus dikunjungi jika kamu mampir ke Medan.
Selain di Medan, ada juga kedai kopi legendaris lain yang berlokasi di Pangalengan Kedai Kopi Malabar di Pangalengan ini telah berdiri sejak 1990 Oleh Pa Nuri
Foto dari drinks.seriouseats.com






Jelajah Kedai Kopi Modern di Pangalengan
Bagi yang menyukai berburu kedai kopi sembari melihat kopi kultur yang berbeda? Maka Pangalengan adalah tujuan yang tepat. Seperti kota besar di Indonesia lainnya, Pangalengan juga sedang merasakan geliat industri kopi Gelombang Ketiga. Banyak kedai-kedai kopi yang sudah menyajikan menu manual brewing dengan beragam single origin eksotik yang disangrai di roastery lokal. Juga kamu bisa bertemu langsung pelaku industri kopi mulai dari penikmat hingga pemilik kedai dan juga roaster. Mulai dari Q-Grader hingga coffee store seperti Otten Coffee. Oh iya jangan lupa mampir ke Otten Coffee, surganya alat-alat kopi. Jika selama ini kamu melihat Otten Coffee secara online, di Medan kamu bisa mampir dan melihat langsung offline store—nya.
Bagaimana, sudah tak ragu lagi ‘kan untuk berkunjung dan melihat geliat industri kopi di Pangalengan???? Kami juga menyuguhkan  Wisata edukasi kopi ini kami kombinasikan dengan off-road ke kebun kopi dan rafting di Pangalengan coba lihat beberapa Poto dibawah ini pasti anda mau merasakan sensasi yang luar biasa di Pangalengan.